Banyak cara untuk membuat sebuah iklan agar dapat menarik perhatian banyak orang, namun tidak banyak iklan yang berusaha untuk menciptakan pelanggan. Karena tidak jarang ada iklan yang hanya mengedepankan sisi menariknya. Memang benar bahwa iklan itu harus bisa menarik perhatian orang. Iklan yang menarik itu adalah hal yang wajib, karena adanya iklan yang menarik akan membuat orang mau memperhatikan dan menyimak iklan tersebut lalu kemudian membeli brand yang dipromosikan.
“Advertising bukanlah sebuah ilmu pengetahuan tetapi adalah sebuah seni, dengan begitu peraturan – peraturan yang ada di dunia dunia periklanan dapat dipatahkan demi mencapai keefektifan komunikasi lewat advertising,” ujar Sapto Handriyanto di dalam seminar yang berjudul How to Make A Good Commercial Advertising pada 22 Februari 2013 lalu, saat dirinya masih menjabat menjadi Director of Innovation & Business Development dari Fortune Indonesia.
Ada 7 aturan untuk menghasilkan sebuah print ad advertising agar dapat menarik perhatian para konsumen :
Pertama harus memiliki sebuah visual key yang memiliki keunikan tersendiri, kuat serta berbeda, sebab orang jauh lebih mudah mengingat apapun yang kelihatan berbeda. Selalu ingat pula bahwa keunikan punya nilai jual yang lebih tinggi. Kedua, Don’t over-do Rule #1 – be strong, but not too strong, berbeda boleh tetapi jangan terlalu berlebihan. Ketiga, Jangan menggunakan seks sebagai visual key, terutama jika Anda menargetkan laki-laki. Strategi selanjutnya, The ad must keep tight control over the readers’ line of sight and scan path. Kelima, Pastikan menggunakan logo yang menonjol dan mudah diingat. Keenam, hindari terciptanya multiple visual key, agar para konsumen dapat fokus dengan hanya satu visual key yang kuat dan memiliki keunikan tersendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar