Selasa, 09 Juli 2013

Membangun Brand Dengan Modal Kecil


Saat memulai bisnis banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk salah satunya adalah membangun brand. Membangun brand bisa amat mahal dan membutuhkan investasi besar namun anda bisa mencoba berbagai alternatif lain untuk membangun brand dengan modal kecil.

Customer Service : Customer service merupakan hal terpenting untuk membangun brand anda. brand yang baik akan tercipta dari kualitas customer servicenya. Tak peduli betapa bagusnya produk anda tanpa customer service yang bagus maka orang akan kapok dan beralih ke produk atau brand lainnya. Customer service yang jelek akan membuat kualitas brand anda merosot. Anda bisa mengadakan pendekatan proaktif untuk customer service dan meningkatkan kualitasnya dengan memberikan yang terbaik untuk customer. Banyak orang yang menghabiskan budget besar untuk mempromosikan bisnis atau brand mereka namun terkadang mereka lupa untuk membenahi kualitas customer service mereka. 

Think Outside the Box : Untuk membangun brand anda dan menjadikannya terkenal bukan berarti anda harus menghabiskan dana besar. Banyak  para entepreneur yang membangun brand mereka dengan melakukan campaign out of the box sehingga akhirnya membuat brand mereka terkenal. Dollar Shave Club merupakan salah satu brand yang melakukan langkah cerdas dengan membuat sebuah video yang disebarkan secara viral. Video yang menampilkan ceo perusahaan tersebut Michael Dubin mencapai 5 juta viewer dalam dua hari, padahal video tersebut hanya berbudget 4,500 dollar saja. Cara ini merupakan langkah cerdas dalam membangun brand dengan modal kecil.

Collaborate : Dua kepala selalu lebih baik daripada satu kepala. Seperti halnya juga sebuah brand , dua brand selalu lebih baik daripada satu brand.  Anda bisa mencari partner serta membentuk kolaborasi untuk membangun brand anda. Seperti misalnya di dunia fashion Matthew Williamson bergabung dengan H&M seperti itu Missoni berkolaborasi dengan Target. Partnership ini membantu brand untuk membangun awareness dan audience sehingga pada akhirnya bisa menciptakan sales.


Innovate the Innovators : Dalam setiap industri dari mulai technologi hingga fashion dan film selalu saja berawal dari para leader dan influencer yang membuat sebuah trend kemudian akhirnya berkembang di masyarakat.  Para inovator ini menggunakan strategi word of mouth marketing secara sosial, personal dan juga profesional untuk membuka jalan dan membangun sebuah brand. Anda membutuhkan para influencer untuk menaikkan rating brand anda sehingga akhirnya bisa dikenal oleh masyarakat.

Crowdsource : Selain kolaborasi yang merupakan cara terbaik untuk menciptakan kesempatan bagus untuk brands, crowdsourcing merupakan alternatif terbaik bagi anda untuk membangun brand dengan modal kecil. Dengan konsep crowdsourcing brand anda tak hanya mendapatkan hasil berkualitas lebih baik namun juga tentunya better pricing

Don’t Be Afraid of Templates : Banyak orang yang menghindari template dikarenakan template identik dengan sesuatu yang kaku atau umum. Namun saat ini agaknya anggapan seperti itu tak berlaku.  Template kini semakin banyak ragamnya dan memiliki kualitas lebih bagus dengan harga terbatas. Jika perusahaan anda memiliki budget amat terbatas maka template bisa menjadi salah satu solusi untuk membuat website ketimbang harus menyewa jasa seorang desainer web.  Template saat ini sudah amat beragam dengan kualitas yang bagus dan cukup memenuhi selera audience. Ini merupakan salah satu cara yang bagus dalam membangun brand dengan modal kecil.

Be Elusive and Exclusive : Menjadi ekslusif merupakan strategi campaign yang baik untuk membangun sebuah brand. Jika produk atau brand anda tidak pasaran maka kemungkinan besar anda mampu menarik perhatian target audience. Tak hanya sesuatu yang ekslusif yang mampu menarik perhatian customer namun juga sesuatu yang misterius. Wander menciptakan sebuah website yang menarik minat ribuan orang walaupun tak ada yang mengetahui apa yang sebenarnya dilakukan perusahaan.

source : Ryan Gondokusumo



Tidak ada komentar:

Posting Komentar